Surat Terbuka OPM Buat Presiden Jokowi

  • Dipublikasikan tanggal Bulan Yang lalu

    Roudhoh at-TholibiinRoudhoh at-Tholibiin

    Lamanya: 6:31

    Bapak presiden joko widodo yang terhormat.
    Bertahun tahun kekayaan alam kami di rampas, di kuras, dan di peras oleh perusahaan-perusahaan tambang. Sehingga dampak tambang tersebut, ekosistem alam kamipun jadi ikut rusak sedemikian hebat. Otomatis kami protes dan memberontak, karena kami mencintai tanah warisan leluhur kami, di mana jiwa kami telah menyatu dengan alam. Rusaknya alam kami, berarti rusaknya jiwa raga kami.
    Kami memberontak, tapi kami nggak berdaya melawan senjata penguasa. Kami cuma bisa melihat dari jauh. Kami cuma bisa menangisi bumi yang di anugrahkan Tuhan untuk kami jaga, dan kami rawat, dirusak dan di perkosa sama penguasa yang tamak. Tanah yang sudah turun temurun kami diami, di porak porandakan. Tanah yang di wariskan nenek moyang kami, sudah di kotori sama tangan tangan besi, yang menghunuskan senjatanya membunuh saudara saudara kami, yang memberontak mempertahankannya. Entah sama siapa lagi kami mengadu. Nggak ada yang peduli.
    Walaupun begitu, kami terus berdoa, supaya lahir seseorang pemimpin yang peduli dengan tanah kami, nasib kami, penderitaan kami, dan masa depan kami. Kami percaya, kalau Tuhan nggak pernah tidur.
    Ketika kekayaan alam kami diambil, tanah kami jadi rusak, apa yg kami dapat?
    Nothing.
    Kami seperti sapi perah penguasa. Susu kami di peras, dan kami di tinggalkan. Nggak ada konpensasi nyata dari penguasa membangun tanah kami, yang katanya juga Indonesia. Semuanya cuma janji janji pembangunan. Janji janji kesejahtraan. Tapi buktinya, nol sama sekali.
    Kami sadar, kalau kami sudah di perdaya sama penguasa, yang kami harapkan jadi tempat kami mengadu dan bernaung. Sehingga kami yang di anak tirikan, inipun putus asa. Lalu kami berinisiatif membangun perlawanan, dengan apapun yang kami punya, dan apapun yang kami tahu. Walaupun dengan senjata seadanya, tapi kami punya kekompakan, yang tidak bisa di beli dengan uang. Tekad kami, kami ingin berpisah dari NKRI. Kami menyebut diri kami sebagai organisasi papua merdeka, yang kami singkat dengan OPM, sebagai kelompok pemberontak.
    Tanah kami yang subur, yang berlimpah kekayaan alamnya, harus kami perjuangkan, meskipun harus menyabung nyawa.
    Katanya Indonesia, tapi kami nggak di perhatikan samasekali. Yang kami tahu, Indonesia itu ada di pulau jawa. Bukan tanah papua, atau sabang sampai meraoke, seperti di lagu kebangsaan itu. Bukan.
    Buktinya, pulau jawa yang lengkap pasilitasnya. Lengkap pembangunannya.
    Harga BBM mencapai 120 ribu, kami nggak demo. Kebutuhan pokok selangitpun, kami nggak demo. Kami tidak diajarkan untuk mengeluh. Kami di tempah sebagai pribadi yang tangguh, manghadapi kerasnya kehidupan. Kami terbiasa hidup seadanya, terbisa hidup di hutan. Bangunan rumah dari gubuk seadanya, tanpa penerangan. Kami nggak kenal bangunan yang terbuat dari tembok semen. Karena harga semen bisa mencapai 2 juta per zhak di papua. Tapi bukan berarti kami ingin terus terusan hidup seperti ini. Kami juga ingin maju, seperti yang lainnya. Kami juga ingin anak anak kami kelak, bisa merasakan kehidupan yang lebih baik, dari kehidupan kami yang sekarang. Itu doa kami.
    Ternyata doa kami di jawab Tuhan. Doa lahirnya pemimpin yang peduli dengan rakyatnya. Yang mengerti dengan penderitaan rakyatnya yang hampir putus asa. Pemimpin yang jujur dan adil. Yaitu bapak jokowi. Bapak jokowi jadi penguasa bangsa ini, sehingga tanah kami, alam kami, kesejahteraan kami, keluhan kami, semua bapak perhatikan, dan bapak buktikan lewat pembangunan infrastruktur, dan program program lain, yang memajukan dan mensejahterakan kami ke depan. Kami OPM, yang sebelumnya memberontak ingin berpisah, akhirnya memutuskan kembali ke pangkuan NKRI.
    Bapak jokowi, anugerah terbesar bagi kami masyarakat papua, bapak sudah membangun tanah kami, dan kami akan membesarkan anak anak kami dengan sehat, dan memberitahukan pada mereka, kalau papua juga bagian dari NKRI.
    Dan yang lebih penting, suatu saat nanti, kami dengan bangga menceritakan kelak pada anak cucu kami, kalau dulu pernah ada presiden yang jujur, adil, dan berjasa besar membangun negara, membangun papua, bernama joko widodo di Indonesia. Sejarah ini akan jadi legenda, yang tak terlupakan di bumi cendrawasih kelak.
    Kami berjanji, kami siap berjuang mendukung bapak kembali, memimpin negara ini 5 tahun ke depan. Biar Indonesia, biar papua semakin maju, dan terus maju. Di segani, dan di hormati di dunia international.
    Terima kasih pak jokowi. Kami anak anak papua menyatakan, kalau kau adalah bapak orang papua.
    God Bless You, Godfather joko Widodo.
    Salam Dua Periode.
    facebook.com/indonesiajamandulu/photos/a.1575845179378963/1920938678202943/?type=3&theater

    OPM  surat buat Jokowi  

amelia lia
amelia lia

saya jadi terharu banget dan seperti ter iris mendengar surat dari saudara2 ku dipapua ~ salam buat kalian2 selamat berkarya smga sehat sll dan rezeki lancar dan juga kita dukung bpk kita Joko Widodo 2 priode dan kedepan nya juga smga di papua tambah maju seperti indonesia yg didaerah lainnya

Hari Yang lalu
Ari Suseno
Ari Suseno

menangis terharu saya baca ini. lanjutkan pakde kami mendukung mu

2 hari yang lalu
kaitlyn mogahai
kaitlyn mogahai

saya anak papua yang mengis dan berdoa kepada Tuhan kita yang Hidup, Elohim selalu menjaga dan melilindungi Bpk Jokowidodo menjadi Presiden RI dua periode. Untuk membangun kami Orang Papua, karena Kepepmimpinana bapak Jokowi Sentuahn pembagunana sudah kami rasakan sampai di kampung2 dan di dusun2 kami Papua dengan Tuhan Yesusu memilih Bapak Jokowidodo Memnjadi Persiden RI2 periode Amin.

2 hari yang lalu
Muhammad Febriyanto
Muhammad Febriyanto

#2019gantipresiden #2019presidenbaru #2019presidenprabowo

2 hari yang lalu
faisal multazom
faisal multazom

lantas pabrik semen di papua barat itu merusak ekosistem apa nga dan pabrik semen itu di kuasai dan ada ketika keperesidenan jokowi. pengambilan batu kapur untuk semen itu merusak apa nga sampe" gunung rata pohon" habis itu merusak nga ya

4 hari yang lalu
the real PewDiPie
the real PewDiPie

Gue lebih benci suara google dibanding OPM !

4 hari yang lalu
Joko Mulyo
Joko Mulyo

hai saudaraku betul sekali itu tanah leluhurmu bukan orang luar lanjutkan pegang erat apa yg diperjuangkan presidenmu salam sejahtera papua

4 hari yang lalu
Mastono Tono
Mastono Tono

sht sllu pk jokowi no 1 tetap no1

5 hari yang lalu
Wahyu Subuh
Wahyu Subuh

asu suara ribot

5 hari yang lalu
Daniella
Daniella

klu msh ada yg pilih bukan Jokowi,msti diperiksa psikiater.

5 hari yang lalu
Miftakhul Jamil
Miftakhul Jamil

Semoga do a saudara2 kita di papua ini dikabulkan oleh yang maha kuasa amìin

5 hari yang lalu
Abas Ali
Abas Ali

Pak Jokowi mendengar suara saudara kita di Papua apa yang dibutuhkan oleh Papua dan tidak hanya mendengarkan tapi juga memprioritaskan untuk menyamakan saudara di propinsi lain walaupun belum semua dapat diujutkan . Pak Jokowi juga hadir menyaksikan pemerataan pembangunan. Sulit rasanya mempunyai pemimpin sehebat Jokowi. BERIKAN kesempatan untuk Jokowi satu periode lagi.

6 hari yang lalu
Uplick Saja
Uplick Saja

Aku malahan nanges😭😭

6 hari yang lalu
Thandy Andy
Thandy Andy

Sa akui orang asli papua...hak mereka ...tuk brjuang ..hak dan kkyan di nik mati orang serakah ...papua tanah subur ...lain di luar sana

7 hari yang lalu
Asik Az
Asik Az

2019 GP

7 hari yang lalu
Egik Melgiansyah
Egik Melgiansyah

Komen ku πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘... salam kecebong dr riau.. Saya tidak mendukung presiden yg dibilang suka pencitraan..tapi saya juga tidak akan memberikan suara buat yg bilang bahwa yg dilakukan presiden sekarang itu pencitraan... Nomer 1,buat 2 periode..πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘..nomer 2 buat kalah lagi..πŸ‘ŽπŸ‘ŽπŸ‘Ž

7 hari yang lalu
Yayuk Maharani
Yayuk Maharani

Semoga pak jokowi 2 periode.

7 hari yang lalu
wong bodho
wong bodho

tu liat org2 yg begitu cinta tanah air.. para korup hanya bisa mnjual negeri ini & memikirkan perut sndiri.. aku sbg orang jawa prihatin dg hal trsebut.. semoga 2 periode dan atau seterusnya NKRI tumbuh2 serta lahir pemimpin seperti saat ini.. ( yang begitu benar2 berkeadilan bagi seluruh rakyat nya., bukan yang adil hanya terhadap golongan nya sendiri )

7 hari yang lalu
Hendra phoen na
Hendra phoen na

Pemimpin yang kalian sebut itu adalah pemimpin orang kalian sendiri. Salah satu dari orang Papua itu harus ada calon presiden atau wakil presiden. Aku yakin Papua akan maju. Kalau gitu ceritanya Mereka itu terasa terjajah dong. Jadi ga adil..

7 hari yang lalu
Rudi Lise
Rudi Lise

Mudah2an kedepannya masih banyak para penguasa negeri ini yang masih dapet melanjutkan pembangunan seperti yg telah dilakukan pak Jokowi pada negeri ini. Semoga rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke bisa menikmati hidup makmur, damai dan berkeadilan.

7 hari yang lalu
Johan Pengembara
Johan Pengembara

salah sipa dulu nya ga diperdulikn rakyar papua ..mau nya enak perut sendiri ajh sekarang mcm tuh lh .sipa yg susah sipa susah skg indon lh

7 hari yang lalu
Johan Pengembara
Johan Pengembara

good opm itu baru anak netral .

7 hari yang lalu
Jawa Gaming
Jawa Gaming

Terharu saya ..mhasaallah mg doa terkabulkan .. amin Papua adalah Indonesia saudara kita

7 hari yang lalu
Irawan Irawan
Irawan Irawan

Alhamdulillah

8 hari yang lalu
Sutopo Topo
Sutopo Topo

Hidup jokowi,hidup indonesia kita harus jaga NKRIπŸ’ͺπŸ’ͺ

8 hari yang lalu
Cinta Indonesia
Cinta Indonesia

Saya sarankan kepada pemerintah indonesia agar wilayah papua jangan di kasih fasititas pembangunan & pendidikan lebih baik abaikan mereka kalau sudah menjadi orang2 pintar semakin banyak pihak2 yg menuntut ingin merdeka & membentuk negara sendiri, biarkan jadi orang pedalaman atau tertinggal lebih baik bagi orang2 papua lebih baik mementingkan membangun pulau2 lain yg sudah teruji seluruh penduduknya 100% mencintai NKRI. intinya kita rugi kalau anggaran APBN di glontorkan untuk membangun wilayah2 pemberontak toh sudah maju minta merdeka buka mata lebar2 gunakan logika pemerintah indonesia jangan mau di kadali oleh politik kelompok siparatis penghianat bangsa.

8 hari yang lalu
frits ginuni
frits ginuni

setiap manusia di muka bumi pasti memiliki hati , jika hati seseorg di sakiti maka seperti apa reaksinya dan jika di buat baik akan seperti apa hasilnya . from papua

3 hari yang lalu
mistia ma
mistia ma

Aku nggk bisa coman nggk bisa nahan tangis semoga saudaraku yng di papua bahagia di mudahkn sgala urusnya & smoga bpk presiden seht sllu Aamiinn

8 hari yang lalu
Hapiz Loris
Hapiz Loris

Alhamdullillah pak Jokowi saya bangga dgn kerja serta keadilan yg bpk bagi buat seluruh indonesia cuma bpk yg berjiwa kepresidenan buat rakyat semoga bpk dpt kemuliaan yg lbih membanggakan dari Allah SWT amin.

8 hari yang lalu
GNP
GNP

OPM = LAWAN. NKRI = NEGARA KUTUK RUPAH IBLIS.

8 hari yang lalu
inisial JS
inisial JS

Spa bilang papua jaman jokowi gk maju ,sapa bilang papua d jaman jokowi tambah terpuruk , sp blang d jaman jokowi bertambah gizi buruk,spa blang d jaman jokowi semua tambah mahal di papua ,aq bayarin pergi k papua lihat mata d papua langsung, tp ada 1 syarat klo anda salah saya potong tangan dan lidah anda klo aq salah potong lidah dan tangan saya , maav warga papua bkn saya taruhan demi kepentingan saya tp biar mereka tw klo papua sekarang udah maju

8 hari yang lalu
Umi Umi
Umi Umi

Mantap

8 hari yang lalu
Otis Menora
Otis Menora

salam 2 priode pa joko widodo

8 hari yang lalu
Oni Oni
Oni Oni

Satrio Piningit

8 hari yang lalu
Anjas Jr
Anjas Jr

Anjing ini suaranya

9 hari yang lalu
Iwan Joko
Iwan Joko

Fadlli zon suruh liat tu......

9 hari yang lalu
sam riquelme
sam riquelme

Sedih denger suratnya yg dibacain..emang presiden kita ini luar biasa.trimakasih bpk jokowi sudah membangun papua mreka adalah saudara kita sebangsa setanah air..

9 hari yang lalu
Yustina Aryani
Yustina Aryani

Semoga keadilan akan semakin nampak unk warga papua ..

9 hari yang lalu
Nengah Sutama
Nengah Sutama

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia kalau bisa harga minyak sama merata kasihan meraka

9 hari yang lalu
Nengah Sutama
Nengah Sutama

πŸ‘ŒπŸ‘πŸ‘πŸ’ͺπŸ’ͺ

9 hari yang lalu
Khadiroh Khadiroh
Khadiroh Khadiroh

Kini saatnya papua merdeka yg sebenerna dgn ke pemimpinan presiden jokowi

9 hari yang lalu
Nur Mustofa
Nur Mustofa

nampak banget hoaxnya...

10 hari yang lalu
Ahmad Rohyadi
Ahmad Rohyadi

KUATKAN tekad sodara ku di papua .... PERJUANGKAN SEKUAT TENAGA DAN KEMAMPUAN agar pak JOKOWI kembali memimpin INDONESIA periode 2 ... Demi pembangunan indonesia dan PAPUA

10 hari yang lalu
Sudirman King I
Sudirman King I

Hoaxxx...surat drimananya..!!!

10 hari yang lalu
ben descartes
ben descartes

hoax

11 hari yang lalu
Trimurni Murmay
Trimurni Murmay

Dari Sabang Sampai Marauke, berjejer pulau pula,Sambung Menyambung Menjadi Satu Itulah Indonesia........(sambung yooo.........

11 hari yang lalu
Trimurni Murmay
Trimurni Murmay

Air Mata Mengalir....sumpah.....Merinding.....dan gembira, bkn krn terbawa arus isi surat......tetapi benar adanyam Orde Baru tdk memperhatikan tdk peduli ,Timur Timor yg di urus smp jadi Propinsi saat itu.Tetapi apa daya itu sesungguhnya blm Indonesia punya.Irian Barat papua sdh diakui Dunia.(PBB),mk mereka tdk di dukung merdeka krn sdh punya RI RESMI.Kasihannya tak di urus Orde Baru..Jadi pantasla mereka pesankan ke anak2 nya kita Indonesia. INDONESIA RAYA DARI SABANG SAMPAI MARAUKE. Salam Cinta Damai, Salam Cinta Kasih Salam NKRI..

11 hari yang lalu
Junira Junira
Junira Junira

Bnr NKRI HARGA MATI JAYA LAH NEGARA Q

11 hari yang lalu
Mr Mingei
Mr Mingei

Teruslah berdoa saudara ku di tanah papua, semoga kita mempunyai pemimpin yg baik dan peduli tanah papua, Doa kami dari Bali turut serta bersama kalian.

12 hari yang lalu
pestariati mkes
pestariati mkes

Ayo suku Papua buat makanan khas-mu (Papua) di seluruh indonesia, seperti Masakan Padang, Nasi Goreng, Soto Madura dll. Dahulu di Jalan Menur ada Warung Khas Papua, tapi sekarang sudah tak ada...

13 hari yang lalu
Tarkim Mgt
Tarkim Mgt

Di jawa Bbm Naik sedikit aja ngomel klian yang ngomel mikir sodara2kita yang di luar jawa harga bbm lbih mahal diam

13 hari yang lalu
Bbb Aaa
Bbb Aaa

q rela ..asal rakyat indonesia merasakan ..mksih pak jokowi..

13 hari yang lalu
Mami Lin
Mami Lin

Terima kasih ,Saudara 2ku diPAPUA .atas dukungannya untuk NKRI .semoga kita akan terus Bersatu ,jangan sampai terpecah belah .AMIIIN .!!!

13 hari yang lalu
DeddiE Dusherman
DeddiE Dusherman

Papua g maju karena banyak Virus, salah satunya Natalie's Pigai

13 hari yang lalu
Palumbon Bi
Palumbon Bi

Ya Allah... Sedih mendengar nya... Salam 2 periode... Smg sehat selalu dlm mengemban tugas...Aamiin y Rabb

14 hari yang lalu
suroto srt
suroto srt

surat dari siapa itu ... bohong. buktinya OPM masih melakukan teror.

14 hari yang lalu
bellfry silalahi
bellfry silalahi

Wajar mereka seperti itu,harusnya dari dulu pendidikan diutamakan di sana,supaya kalau mereka pintar mereka sendiri yg mengelola papua....tapi knapa enggak? apakah pemerintah takut kalau mereka pintar mereka akan melepaskan diri dari NKRI?enggaklah...Indonesia adalah negara yg terdiri bermacam2 suku,agama,bahasa....kita gak gampang di pisahkan....!!! So gak usah takut pak presiden...bangun universitas kelas dunia di papua...!!!supaya cara pandang org papua berubah semakin baik kepada Indonesia....God bless PAPUA!!!

14 hari yang lalu
Haryono Tono
Haryono Tono

Itulah kehebatan BPK Jokowi menaklukan musuh tidak menggunakan senjata tapi dengan menggunakan sentuhan kasih sayang.

14 hari yang lalu
Amin Alexia
Amin Alexia

Tangguh engkao wahai warga papua..aq ikut terharu

14 hari yang lalu
abah amar
abah amar

Saudaraku d papua,, 2 periode unyuk p jokowi insyaallah, dari jawa timur,, dari kediri salam saudaraku di papua,, ak ingin dng bpj jokowi papua lebih dr jawa

15 hari yang lalu
Mimik susiani
Mimik susiani

Sodara kami d papua ayuk rame2 dukung jokowi jngan salah pilih presiden, jokowi pilihan kita ok, ttp 2 periode buat pak jokowi

15 hari yang lalu
Haidar Ali
Haidar Ali

Papua bangkit...d era jokowi...jokowi yessss

15 hari yang lalu
Bengkala Ganteng
Bengkala Ganteng

Belajar pakai baju aja belum tamat, kok IQnya udah nalar gitu siH....., Pengen bikin negara mandiri, siapa siH yang menghasut dan ngajarin...... #PRABOWO_YA_KAN ...... Supaya Indonesia Gonjang_Ganjing, dan dia bisa terpilih jadi Presiden...... Ingat janji-janji Prabowo, Satu jengkal tanah Indonesia tidak akan jatuh ke pihak asing, 2030 Indonesia Bubar....., Jelas, semua hal yang berhubungan dengan makar adalah Ulah Prabowo...... Wajar mereka punya senjata, kan ada Prabowo yang membekingi/ dekeng mereka...... Perihal bendera Indonesia di kibarkan di atas bendera Palestina juga ternyata ulah Prabowo...... # Prabowo ngeri kali ya politik kotornya, menghalalkan segala cara, termasuk memecah belah NKRI dan mempertaruhkan kebinekaan......

16 hari yang lalu
Hairmoyo Hatmanto
Hairmoyo Hatmanto

Lanjut dua periode tuk bangun negri lewat pinggiran mentari terbit dari timur yub bangun demi keadilan

16 hari yang lalu
Asnawi zain zain
Asnawi zain zain

NKRI harga mati bung........ !!!

16 hari yang lalu
Doni Dwisaputra
Doni Dwisaputra

Lanjut terus pak jokowi 2 periode

17 hari yang lalu
Ahmad KHAN
Ahmad KHAN

HIDUP PAK JOKOWI

17 hari yang lalu
pieter
pieter

Indolonte memanfaatkan USA untuk di rampok kuras habis-habisan....

18 hari yang lalu
Ndu Speed
Ndu Speed

LOVE YOU PAPUA , JOKO WIDODO PRESIDENKU jiwa muantap, Satu Suara , Satu jiwa, Satu lagi untuk menjadi PRESIDEN πŸ‡²πŸ‡¨ & Satu nyali wani top pak deee the best adem di hati, ayem di pikiran

18 hari yang lalu
Dwiarydwiary Dwi
Dwiarydwiary Dwi

Jujur,,sy org miskin. Tp sy kaya..miskin harta tp jgn miskin Nurani.,sy rela harga pangan di Nusantara ini merata yg pntg mereka yg disana jg merasakan kkyaan alam kita smua,,indonesia di dasari pancasila dan lambangnya yg sgt dlm maknanya. Sbgai NKRI wajib tau apa isi dlm sila ke5

19 hari yang lalu
Luthfi Fauzid
Luthfi Fauzid

Ini jawaban orang bijak...

5 hari yang lalu
kencono wungu
kencono wungu

Indonesia butuh keAdilan n keSejahteraan, agar kami merasakan prdamain n kenyamanan mncintai Bumi kita Bumi Pertiwi

19 hari yang lalu
Gaffar Beta
Gaffar Beta

HASIL BUMI DARI PAPUALAH YANG DIPAKAI PEMERINTAH MEMBANGUN INDONESIA

19 hari yang lalu
Gaffar Beta
Gaffar Beta

SAYA DARI DULU SUDAH MENGATAKAN BAHWA JOKOWI-LAH PRESIDEN YANG MEMERDEKAKAN PAPUA

19 hari yang lalu
kuningan Ayeuna
kuningan Ayeuna

Papua sebelah mana irian jaya

19 hari yang lalu
Sukarno 31
Sukarno 31

Subhanalloh smngt saudaraku mski qt bd agama dan suku ttp lah qt sama" nkri, smg bpk jokowi sll amanah amiin

19 hari yang lalu
Laros jenggirat
Laros jenggirat

yg demo bbm naik mna kok gk nongol..sini aq colok matanya..lihat nih dengerin saodara2 kita di papua. malu woy.😑😩

19 hari yang lalu
wong suwung
wong suwung

Duh merinding dengernya semoga saudaraku di papua semakin makmur hidup tenang memang pak jokowi harus didukung jadi presiden seumur hidup biar negara kita bisa tertata secara merata

20 hari yang lalu
Magda Riama
Magda Riama

Kl mmg kita merakan papua adalah saudara setanah air, saya yakin tdk ada yg demo2 apalg sampe demo anarkis....apalg BBM yg hanya naik seribu sd dua ribu,. Jgn egoislah kasian sdr kita di papua..listrikpun br mereka rasakan setelah 70 tahunan merdeka...infrastruktur..jalan tol br mereka rasakan. harga telor naik.dikit saja ribut,bukankah itu membantu yg beternak ayam atau bebek . bukankah kita msh sanggup beli, emak2 yg ribut.cabe bawang, sementara penampilannya tajir, sdhlah bertobat, belajar mengucap syukur dan berbagi rasa dg saudara2 kita yg lainnya. INDONESIA itu dari sabang sampe merauke.

20 hari yang lalu
Kekekoki Kauai
Kekekoki Kauai

Ya Allah Gusti. 😭😭😭 gué sedih😭😭😭😭banget....

20 hari yang lalu
REZKY ADITIYA
REZKY ADITIYA

Coba bayangkan rakyat papua saja memuji pemimpin kita jokowi. Jokowi 2 priode.

21 hari yang lalu
Arom Afandi
Arom Afandi

Jayalah Papua,salam damai saudaraku, Salam 2 periode.

21 hari yang lalu
Sadri Laino
Sadri Laino

Sumpah... Saya sampai meneteskan air mata dengarnya. Salam dari Sulawesi Tenggara. Anehnya Jokowi malah di fitnah oleh orang2 yg rakus akan kekuasaan.

21 hari yang lalu
Rudi Widianto
Rudi Widianto

Semoga Jokowi 2 Periode Agar Pembangunan Di Tanah Papua Semakin Merata Agar Tidak Ada Ketimpangan Antara Kota Dan Daerah Pedalaman

21 hari yang lalu
syakira renissa
syakira renissa

"UNTUKMU PAPUA SATU DARAH INDONESIA MERDEKA" Dari jauh aku mendengar keluhanmu wahai saudaraku... Penderitaan yg membungkam hati karna ketidak adilan dari Rezim yg berkuasa tak hentinya...& kini sekarang kalian dapat tersenyum kembali menyatu dengan Alam mu yg berpuluh tahun diperkosa oleh tangan2 besi yg penuh Ambisi tanpa belas kasih... Padahal kita adalah Negara Merdeka..!!tapi apalah Artinya kalau kemerdekaan itu hanyalah milik Penguasa & Antek Asing yg berlomba2 menguras hartamu Ditanah Merdeka Papua... Hari ini aku berharap untuk kehidupan kalian dimasa yg akan datang teruslah berjuang untuk kesejahteraan rakyatmu...kalian adalah orang2 yg punya mental kuat,..& aku yakin kalian akan hebat suatu saat...karna kesabaran adalah Kunci dari segala Kesuksesan...Aku hanya bisa memberi semangat dari kejauhan untukmu saudaraku...karna aku juga bagian dari kalian..karna kalian adalah Saudara kami yg pernah berjuang diZaman penjajah...& aku berdoa untuk kalian wahai Papua smoga Kalian tetap dalam lindungan Allah SWT Amin...(SALAM NKRI) Siapapun pemimpinnya smoga tetap peduli dengan Rakyatnya...Amanah ini kami embankan kepadamu wahai Penguasaku...

21 hari yang lalu
Hidayat Aja
Hidayat Aja

Ini namanya bapak indonesia asli terbukti presiden jokowi sdh bisa membuktikan kalo papua itu bagian lengkap NKRI karena skg papua sdh terbukti berubah tarapann kehidupannya...salam 2 priode pak jokowi

21 hari yang lalu
Ariadi Adi
Ariadi Adi

Maju Indonesia

22 hari yang lalu
Tan Hendra
Tan Hendra

Emang yg selalu memojokkan bapak jokowi engga mikir sampe kesitu x ya......pikiran pada pendek ....mikirin perut nya sendiri aj....ga mikir yg pada lg susah....

22 hari yang lalu
Luluk Ambarwati
Luluk Ambarwati

JOKOWI IS THE BEST

22 hari yang lalu
Sultan Lukman
Sultan Lukman

Kalau km nggak lihat pembangunan di papua semua jln sdh di bangun kenapa km nggak merasakannya

22 hari yang lalu
Tjundoko Sanusi
Tjundoko Sanusi

Nama wilayah papua saja tertulis pada nama Ibu NKRI yaitu " IRIAN A JOKO WIDODO" suatu kehendak Tuhan YME

22 hari yang lalu
Nova Anjani
Nova Anjani

PAK JOKOWI TTP JALANKAN SILA K 5....KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA....bkn seperti dulu2...KEADILAN SOSIAL BAGI SEGELINTIR ORANG...

22 hari yang lalu
Ajiek Kushajatie
Ajiek Kushajatie

Tanah Papua .... Salah satu pulau di negeri kita yang alamnya sangat indah ...... Semoga makin maju dan membanggakan ...

23 hari yang lalu
Astri Solo
Astri Solo

Yg aq heran di chanel ini kog gk ada org dri kubu sblh yg koment yaa...tpi klo chanel lain org kubu sblh bkn main lgi coment menghujat bpk jokowi...hehe...slm 2 periode ngh buat bpk jokowi😍

23 hari yang lalu
Nut Hayatin
Nut Hayatin

Yang busuk nama prabowo amin rais agus anak sby pah ri hamjah ingat2 tuLis jangan Lupa doa menurut agama sendri2 ok byee wasaLam

23 hari yang lalu
Nut Hayatin
Nut Hayatin

Tapi kamu harus bawa senjata tuk jaga ada orang busuk baru kamu buat tak busuk jangan buat ok

23 hari yang lalu
Nut Hayatin
Nut Hayatin

Maka dari itu di sana Lah kamu menoLong pak joko we di tempat pemiLu di sana Lah kamu jaga toLong 2 pak jokowe dari jauh teropong tapi kamu tanya orang yang betuL mau tunjuk kamu mau tanya tengok muka ya ada baik tak tengok jangan Lupa

23 hari yang lalu
Nut Hayatin
Nut Hayatin

Hi LeLaki pap pua kaLaw pak jokowe dodo pemiLu Lagi 4 hari Lagi kamu harus datang tempat pemiLu pak joko we dodo tuk toLong pak jokowe mata orang buat busuk dengan pak jokowe

23 hari yang lalu
Ahmad J1
Ahmad J1

Jokowi adja yang bisa bangun Papua saudaraku,,,,2 periode koruptor bangsat kelaparan

23 hari yang lalu
benzuxezz2010
benzuxezz2010

Fakta yg baru terungkap dg jelas . Papua jadi sapi perah. Hanya Jokowi yg peduli. Semoga Menang 2 period

23 hari yang lalu
Samsung Sam
Samsung Sam

Smga smua sehat dan tabah sabar...jkwi insyllah slalu mndengar dan siap akan mrintahkan jajaran pmrintah untuk pmbngunan mrata tpi jkwi sprtinya lgi mnghadapi orang yg munafik pngecut pnghasut.sabar dlu klo dah lnjut 2 periode jkwi akan tumpas para maling uang rKyat yg katany mewakili rakyat mnyambung lidah rakyat bkn nya hbiskan uang rakyat cuek pda rakyat....apkah dpr dan dprd dbubarkan rakyat akan sjhtera...atokah pjabat kerja mlyani dan jujur pda rakyat akankah damai...pilih mna wHai dpr dprd indonesia...kerjamu apa gaji dan tunjangan bgtu besar masih juga kurang apa kau tak tkut akan azab kmtianmu yg akan dprtanggung jawabkan siksaan neraka sngat pedih mnding masih kroyok massa ato pnjara...entahlah mnrut hati nuranimu gmn

23 hari yang lalu
edi Supriadi
edi Supriadi

Smg terwujud pemerataan d segala bidang d NKRI..terutama tuk saudaraku d papua... Salam sejahtera sll Ttp semangat suadaraku...πŸ’ͺ Mudah" semuanya terwujud..

23 hari yang lalu

Berikutnya

TRANS PAPUA
TRANS PAPUA

sahlani aan

Tahun Yang lalu