Saksikan Air Laut Kering Disedot Krakatau saat Tsunami

  • Dipublikasikan tanggal 11 hari yang lalu

    Lampung TVLampung TV

    Lamanya: 18:36

    RAJABASA (5/12/2018) - Roni sempat dianggap sudah tiada. Saat nelayan lain pulang, ia dan tiga temannya terlantar 5 hari 5 malam di Pulau Sertung. Karena tidak ada yang menolong, mereka juga harus berenang 30 jam. “Saya ingat anak. Saya bermohon kepada Allah dan Dia mengabulkannya,” ujarnya.
    Meskipun sesama pencari ikan track Gunung Krakatau, warga Dusun 1 Pangkul, Sukaraja, Rajabasa, Lampung Selatan itu berbeda keahlian dari yang lain. Roni pemasang jaring, lainnya pemancing kawil. Itu sebabnya 15 nelayan tersebut terpisah. Sebagian di Krakatau, Sertung, dan sebagian lagi antara kedua pulau itu.
    Roni tidak melihat letusan Anak Krakatau. Pukul 20.00 Sabtu malam, 22 Desember 2018, jaringnya dibanjiri berton-ton ikan. “Biasanya dalam tiga hari hanya dapat 60 kg,” katanya.
    Pria berusia 34 tahun itu tidak melihat tanda apa pun saat tiba di sekitar Krakatau Jumat, 21 Desember. Namun menjelang Isya, ia menarik jangkar, memutuskan pulang, karena melihat tremor Gunung Anak Krakatau tidak seperti biasanya. “Banyak kilat menyambar,” ujarnya.
    Saat menarik jangkar itulah, perahunya terangkat ke atas. Karena bulan purnama, ia melihat Pulau Sertung lenyap. Pria beranak satu itu memperkirakan tinggi tsunami 25 meter. “Tinggi cemara di sana (Pulau Sertung) 20 meter, air laut di atas pohon,” katanya.
    Tsunami pertama membenamkan mereka ke dasar laut. Hanya dalam jarak beberapa menit, tsunami kedua muncul, mengangkat tubuhnya ke atas, dan mencampakkannya lagi ke dalam Selat Sunda. “Setelah itu air laut surut. Kita berjalan di dasar laut. Ikan ada di mana-mana,” ujarnya.
    Roni menghitung empat kali tsunami saat itu. Kali keempat, saat air laut surut, mereka berlari ke daratan Pulau Sertung. Karena takut ombak datang lagi, ia naik ke atas pohon cemara, mengikat tubuh, dan bertahan di sana sampai Minggu Pagi, 23 Desember 2018.
    Ia dan tiga temannya: Jumroni, Sahiri, dan Ahmad Hafid, berada di Pulau Sertung 5 hari 5 malam. Karena tidak ada yang menolong, Roni mengajak berenang dengan rakit ke Pulau Sebesi, yang biasa mereka tempuh dengan perahu 2 jam atau berenang sehari semalam.
    Mereka dua pasang. Ia dengan Jumroni. Sahiri dengan Ahmad. Baru di Pulau Sebesi ia mengetahui Ahmad Hafid tertinggal sejam di belakang dan belum ketahuan rimbanya. “Sahiri menangis dan memeluk saya menceritakannya,” ujarnya.
    Roni, Jumroni, dan Sahiri dievakuasi Sabtu, 29 Desember 2018. Hingga Sabtu, 5 Januari 2019, mereka masih mengharapkan kabar dari 7 nelayan Sukaraja yang lain. Dari 15 pencari ikan ke Gunung Anak Krakatau: 7 pulang, 1 meninggal, 7 hilang.
    www.lampungtelevisi.com

johns setia
johns setia

CHIP SAKTI

9 menit yang lalu
zzz lovers
zzz lovers

Pasrahkan dan percayalah sama Allah semoga kita dlm di perlidungan allah...jgn percaya hantu

20 menit yang lalu
aisi lauha
aisi lauha

Saya gak akan nawar lagi klu beli ikan di laut Perjuanagn beliau taruhan nyawa

Jam Yang lalu
Chandra Loh
Chandra Loh

byangin renang dari satu pulau ke pulau lain trngah malam dingin lapar haus masyaallah

3 jam yang lalu
Ary Bamol
Ary Bamol

Buset 25 meter ? Kalau yg nyampe darat 25 meter habislah

3 jam yang lalu
Faris kusuma Kusuma
Faris kusuma Kusuma

nangis dngernya, andai kami dekat ke tempat abg, kami pengen bantu, wl pun sedikit uang, sehat sukses selalu amin

4 jam yang lalu
Putry Jessica
Putry Jessica

alhamdulilah selamat ya bang,,,,

5 jam yang lalu
Bang Jeck
Bang Jeck

Semoga pemerintah melihat video ini dan bapak serta teman2 yg selamat berkesempatan ikut test MARINIR amiin 🙏🏻

5 jam yang lalu
Ardan Aras
Ardan Aras

Gak bisa dibayangin betapa sulitnya perjuangan bapak ini, smga alloh mengankat derajat beliau.

6 jam yang lalu
The MockingJay
The MockingJay

Dari awal sampe akhir cmn wajah si bapak doang ga ada visual aer kering tertypuuu 😂😂

7 jam yang lalu
PUTU RADEN SATRIO VLOG
PUTU RADEN SATRIO VLOG

Ya Allah...... Alhamdulillah bang..... Saya sangat bisa merasakan Cerita Abang... Ini asli bukan buat buat ... Semoga di Berikan keberkahan ya Bang .. Allahuakbar Allahuakbar Allahuakbar

8 jam yang lalu
Official Makeup Siti
Official Makeup Siti

takuttt

9 jam yang lalu
gm coc
gm coc

Edan.renang 30 jm.

10 jam yang lalu
Imam samudra
Imam samudra

Kuasa alloh

10 jam yang lalu
KIM HANA
KIM HANA

Judul ga cocok anjing

10 jam yang lalu
Nur Azira
Nur Azira

Allahuakbar yaa Allah😢😢😢

10 jam yang lalu
arina devi
arina devi

air laut surut. sampai saya berpikiran bisa lari disitu. serem 😭😰😥

11 jam yang lalu
Hendrie Driks
Hendrie Driks

Saluuut sm abng nie ,,👍👍👍🤔

11 jam yang lalu
metty oktaviana
metty oktaviana

YaAlloh terharu bgtt inget betapa susahnya prjuangan seorang ayah utk menafkahi kluarga nya sedih bgtt smoga ada produser film yg jadiin ini film kisah nyata aktornya bpa ini aminnn😢

11 jam yang lalu
Mas Brow
Mas Brow

Kasihan bgt ya Allah...kelurga ku jg jd korban sunami banten tp alhamdulilah mereka selamat.

11 jam yang lalu
Trisna Dwipa
Trisna Dwipa

Ada yng membayang ga kalo kita diposisi bpk ini 😭

11 jam yang lalu
raditya Zhu
raditya Zhu

Benar2 hebat ni orang salut..kasihan 😭

11 jam yang lalu
FINE TUBE
FINE TUBE

sebelumnya gw berfikir,, ga akan pernah terjadi tsunami di selat sunda.. karna lokasi daratannya gak langsung ngadep lautan samudra.. tapi setelah kejadian ini.. gw jadi waspada kalo maen ke anyer.. sejujurnya gw heran ama pihak terkait bencana alam tsunami.. kenapa gak ada peringatan sebelum sunami dateng ??????? padahal lokasi INI PERNAH DILANDA TSUNAMI AKIBAT GUNUNG KRAKATAU, dan sampe sekarang gunung krakatau masih ada,, masih aktiv ??? Kadang gw berfikir apa Harus Militer yang mengelola bencana alam, dengan teknologi yang mereka miliki, dan tanggung jawab yang teramat tinggi.. Apabila terjadi kesalahan dalam informasi yang mengakibatkan banyak menelan korban jiwa di bumi pertiwi ini.. mereka siap mati!! Seriuslah ...

11 jam yang lalu
Novita Sari
Novita Sari

Ceritanya muter muter gak logik

11 jam yang lalu
Merry Ariesta
Merry Ariesta

Makanya dari dulu selalu salut sm nelayan, HEBAT !

12 jam yang lalu
Bela Saputri
Bela Saputri

hebat pejuang nelayan

12 jam yang lalu
ogi pratama
ogi pratama

terharuu,, bagus di buat film nih dari cerita tsb.

12 jam yang lalu
ogi pratama
ogi pratama

terharuu,, bagus di buat film nih dari cerita tsb.

12 jam yang lalu
Pujie Khayronie
Pujie Khayronie

Benar² jiwa nelayan

13 jam yang lalu
ilham caplang
ilham caplang

Ini baru pelaut sejati Subahanalloh

13 jam yang lalu
Zubair 4th
Zubair 4th

jago anda

13 jam yang lalu
Heru Prima
Heru Prima

Setara denjaka nih orang, cuma kurang dikasih bedil aja 🤣

13 jam yang lalu
Rosima BINTE LASA
Rosima BINTE LASA

alhamdulilah puas berjuang mencari jalan pulang ahirnya selamat berkat anak isteri ...dan berkat kuatnya semangat kalian,

14 jam yang lalu
anisa wulandari
anisa wulandari

Ya allah merinding pas bapak nya bilang induk nya dr tsunami , bukan dr jauh 😥 sehat selalu ya pak

14 jam yang lalu
Handy Irla
Handy Irla

ya kasian sekali ya ges

14 jam yang lalu
EGISARIS
EGISARIS

Nah dilihat dari komentar para penonton youtube setia saya berinisiatif untuk berpikir 1. Ada yang mempersalahkan soal harga 2. Ada yang mempersalahkan soal tawar-menawar 3.Ada yang mempersalah kan soal suami yang memberikan uang dapur pas-pasan 4.ada pula yang mempersalahkan soal istri yang harus pandai-pandai memutar agar uang dapur yang dikasih suami itu cukup. untuk jawabannya nomor satu untuk yang mempersalahkan soal harga kita bisa bandingkan harga di pasar dengan harga yang langsung ditawarkan oleh nelayan itu sangat jauh berbeda pasti di nelayan jauh lebih murah karena memang mereka mengambil sendiri ikannya dan sebaiknya janganlah ditawar-tawar lagi karena kalau kita lihat perjuangannya untuk mendapatkan ikan itu tidak mudah mereka juga harus bertaruh nyawaterombang ambing di lautan karena ombak hanya demi mencari nafkah untuk keluarganya dengan cara mengambil ikan dan untuk penjual di pasarkalau kita lihat dan perhatikan ibu-ibu di pasar pasti selalu menawar jika membeli ikan dipasar karena mereka pikir harganya jauh berbeda jika dibandingkan dengan nelayan tapi kalau memang dilihat dari sisi ekonomi tawar-menawar dalam transaksi itu wajar namun perlu diingat menawar juga pakai hati Jangan asal jeplak karena penjual pun yang namanya penjual pasti menginginkan keuntungan namun perlu diingat juga untuk penjual mengambil untung nya jangan banyak-banyak buatlah prinsip walau sedikit yang penting lancaruntuk masalah yang ketiga suami yang kurang memberikan uang dapurnya untuk istrinya harus lebih semangat dalam bekerja mencari nafkah karena pada dasarnya kadang-kadang istri suka tiba-tiba sayang sama suami yang memberi uang dapur lebih jadi mereka nggak harus pikir-pikir dulu kalau ke pasar membeli apa dan untuk yang ke 4 istri ini memang harus banget sih pikir-pikir kalau mau belanja pilih bahan makanan yang memang penting dan dibutuhkan jadi jangan juga menghambur-hamburkan uang. Terima kasih telah pendapat saya mohon dikritik bila ada kesalahan.

16 jam yang lalu
Muhammad Arya
Muhammad Arya

Maaf nih saudara saudara saya nanya serius, kata nya Banten pake bahasa Sunda ya tapi ko beda, terus kalo saya ke Banten terus pake bahasa Sunda apakah bisa di pake ?

17 jam yang lalu
maulana yusuf
maulana yusuf

biasanya banten lebak, bayah pake bhs sunda, menurrut saya sih

13 jam yang lalu
Selviany Putri
Selviany Putri

The sims castaway in real life😭

18 jam yang lalu
Yahid Yahid
Yahid Yahid

Netes air mataku saat dia bilang apapun yg terjadi dengan saudaranya biar mati tetap akan saya bawa pulang 😭😭😭

18 jam yang lalu
Zulni Elastex
Zulni Elastex

apa cuma. gue lihat video ini krna mau lihat muka bapaknya,,, smngat Pak

21 jam yang lalu
HIBURAN LOKAL TERBARU
HIBURAN LOKAL TERBARU

Subhanallah

21 jam yang lalu
Paijo Ganteng
Paijo Ganteng

klo sy dah pasrah itu pak salut buat bpk luar biasa...

23 jam yang lalu
Edy Antoro
Edy Antoro

Alllah huakbar

23 jam yang lalu
axxa oldman
axxa oldman

the real survival

23 jam yang lalu
JayMultimedia
JayMultimedia

Sambil cerita tanpa terasa matanya berkaca kaca, sedih

Hari Yang lalu
Can
Can

hebat 30jam renang, saya 30menit saya sudah ngos2an

Hari Yang lalu
shafira Wafiq
shafira Wafiq

Aku aja renang di pingiran Terus serasa ada yg tarikk kaki smpe tengelamm untung ada orang di samping aku nolong Sejk itu gk berani lgi k laut

Hari Yang lalu
Pakksamampu
Pakksamampu

kalau kamu kelaut bareng aku aja nnti aku jagain kok

19 jam yang lalu
Leo Andika
Leo Andika

orang ini seharusnya jadi AL

Hari Yang lalu
Dikry Ramdhani
Dikry Ramdhani

Gak sesuai judul

Hari Yang lalu
Harapan Hati احبه بعمري
Harapan Hati احبه بعمري

alhamdulilah

Hari Yang lalu
ary setia
ary setia

Gue merinding denger ceritanya....

Hari Yang lalu
SN ID
SN ID

dari apa yang dijelaskan sm bapaknya, saya bisa berkesimpulan, bahwa sunami yang terjadi di selat sunda terjadi karena kehendak Allah, dan spekulasi saya kejadian secara lapangan akibat kekosongan dapur magma hasil letusan besar yang memuntahkan material vulkanik lalu kemudian tubuh gunung amblas kebawah yang mengakibatkan surutnya air laut sebelum terjadi gelombang sunami. (seperti model sink hole) Wallahualam

Hari Yang lalu
Herman Aja
Herman Aja

Saya menyimak

Hari Yang lalu
Iwang Kribo
Iwang Kribo

Disedot sm onyo..onyo hahahhaa

Hari Yang lalu
ofhie 0808
ofhie 0808

subhanallah

Hari Yang lalu
Maria Husen
Maria Husen

Bpk ini cocoknya jd marinir.. fisik kuat & jago berenang

Hari Yang lalu
Ozil potlot
Ozil potlot

Ya allah segini susahnya mereka mencari rezeki, mudahkanlah mereka dalam mencari nafkah untuk keluarganya ya rabb😔

Hari Yang lalu
Balik Bandung
Balik Bandung

Kuat banget mentalnya salut ,ane aja pernah d gulung ombak di pantai Pangandaran sampai gk sadar, ane sadar pas terasa nginjak pasir d dasar saya coba lompat agar bisa kepermukaan ,setelah kepermukaan ane berenang sebisa ane tapi selalu terbawa lagi ketengah lautan,ane coba lagi berenang saat ombak datang agar terdorong ke pantai akhirnya selamat sampai pantai capeknya gak nahan sampe badan lemes, dan skrg jadi trauma pergi ke pantai padahal dulunya paling senang ke pantai 😢😢😢

Hari Yang lalu
Sarip Setianto
Sarip Setianto

Ngeri saya denger nya

Hari Yang lalu
Anggoro SE
Anggoro SE

Maha besar Allah dengan kuasanya

Hari Yang lalu
Mita Trian
Mita Trian

Viral kan

Hari Yang lalu
Dewi Nirwana
Dewi Nirwana

Gk bs ngebayangin jadi ini orang bgmn pas berjuang hidup

Hari Yang lalu
Yuli Yawati
Yuli Yawati

Orang yg dislike kira2 waras ngga ya

Hari Yang lalu
devry abi
devry abi

masyaAllah..😭😭😭

Hari Yang lalu
Jhon Snow Stark
Jhon Snow Stark

Sempat kering apa sempat surut om? 😅

Hari Yang lalu
Masni Wijaya
Masni Wijaya

Serem bro cerita nya

Hari Yang lalu
Ardian407
Ardian407

Angkat jadi Denjaka (Y)

Hari Yang lalu
Suci Nurul Baiti
Suci Nurul Baiti

Semoga bapak bisa jadi TNI AL .. mantap mantap

Hari Yang lalu
Suci Nurul Baiti
Suci Nurul Baiti

Mantap kali bapak ini berenang. Sangat saluttt

Hari Yang lalu
Muhammad Ghofar
Muhammad Ghofar

Emang SunaRmi kalau nyedot kuat sekali.

Hari Yang lalu
Jono Jon
Jono Jon

Daerah mana bandung yang banjir

Hari Yang lalu
Jono Jon
Jono Jon

Bandung banjir

Hari Yang lalu
Gunawan Gungun
Gunawan Gungun

Salut Dengan Ini orang bisa slamat...

Hari Yang lalu
Lobsterbenz 1803
Lobsterbenz 1803

Bapak ini sgt luar biasa, mngkn krn sdh turun temurun jd pelaut, fisik, mental, kekuatan utk survive nya sgt luar biasa.. Tentu sj takdir dari Tuhan jg sgt besar pertolongan nya.

Hari Yang lalu
Lalu Waribana
Lalu Waribana

subahanollah

Hari Yang lalu
Silvia Damayanti
Silvia Damayanti

😢😢😢

Hari Yang lalu
bang adit
bang adit

Bawa ke hitam putih kak

Hari Yang lalu
Kyuu IX
Kyuu IX

judulnya itu.loh ngakak🤣

Hari Yang lalu
MrVituspolikarpus
MrVituspolikarpus

Salut

Hari Yang lalu
Basuki Rahman
Basuki Rahman

allahu akbar!!

Hari Yang lalu
Hehehe
Hehehe

Gw bingung ya sama yg dislike video begini..ini kan video dia cerita kejadian yg dia alamin..ko sempet sempetnya ada yg dislike banyak..ini orang gak ada otaknya apa ya..

Hari Yang lalu
JONES GAMING
JONES GAMING

Gw lihat di map jarak Anak krakatau dan Pulau sertung lumayan jauh, gak kebayang perjuangan abang ini Saat ditengah laut 😫😫

Hari Yang lalu
huda alif
huda alif

Subhanalloh alloh maha kuasa atas segala"nya

Hari Yang lalu
INDRA CROWN MSI
INDRA CROWN MSI

Sdh saya kasih, minta balik ya

2 hari yang lalu
ujang derajat
ujang derajat

pulau sebesi daerah sekolah SMA ada sahabat ku Esti SPT guru SMP/sma pulau sebesi.. dstu tmpt ku brlibur & berburu

2 hari yang lalu
Adji Ucil
Adji Ucil

Sekitar 😄 sekitar 😄

2 hari yang lalu
Ridwan Reet46
Ridwan Reet46

Kisah ny kaya firaun.. Bisa jalan di tengah laut karna air nya surut

2 hari yang lalu
Lan Game Lan
Lan Game Lan

Disedot sama juga dihisap dari mana buktinya dia ini melihat air itu disedot jangan pecaya

2 hari yang lalu
Lan Game Lan
Lan Game Lan

Cuma reka cerita buat2 yg tidak ada

2 hari yang lalu
ujang derajat
ujang derajat

lebih ga percaya klo kau tu manusia..

2 hari yang lalu
Dz A
Dz A

Sehat terus ya bang..Smoga abng selalu diberikan keberkahan..Aamiin

2 hari yang lalu
frisky compack
frisky compack

Gk habis fikir saya ,apasih yg ada dibalik tengkorak kepala orang² yg dislike kesaksian korban tsunami ini. Gak nonton atau hanya baca judul sj,?? Miris deh terbuat dr apa hati mereka😫😫

2 hari yang lalu
Klagondang Reborn
Klagondang Reborn

Waw, true story

2 hari yang lalu
Safha Rilany
Safha Rilany

Ya Allah, sungguh nyata kuasamu

2 hari yang lalu
caroline jaya
caroline jaya

wah ngeri sekali.. semoga tidak terjadi lagi hal seperti ini...

2 hari yang lalu
Udin Sahruddin
Udin Sahruddin

Kisah nelayan selalu membawa pengalaman pahit yang terdalam... banyak hal yg tak terduga bisa terjadi di lautan.. siapa yang bisa menolong saat itu kalo bukan kasih sayang allah pada kita

2 hari yang lalu
Danang fajar
Danang fajar

Allah masih mentakdirkan bapa tsb hidup.terimakasih Allah swt menyelamatkannya. Subhanallah.

2 hari yang lalu
Aku Kamu
Aku Kamu

knpa ngak diliat air laut nya mengering

2 hari yang lalu
Keep Spirit
Keep Spirit

Masyaallah luar biasa survife bertahan hidup cocok masuk marinir nih

2 hari yang lalu
Alicia Beatha Christie
Alicia Beatha Christie

Semangatnya hebat banget.trs berdoa aja yang penting...biar tuhan yang mengatur semua😃

2 hari yang lalu
Akmal Bawok
Akmal Bawok

Subhanallah..

2 hari yang lalu
nur aida
nur aida

gak bisa bayangin bagaimana posisi seprti itu😭 ya Allah smoga kita smua dlm dilindungan Allah SWT 🙏

2 hari yang lalu

Berikutnya